Homecare Service

MENGASUH ANAK DAN KESEHATAN MENTAL

Mengasuh, mendidik dan membimbing anak dengan benar dan tepat adalah sebuah tantangan bagi semua orangtua. Masa sekarang ini , tantangan bertambah dengan adanya Pandemic Covid-19, dimana kehidupan dalam keluarga berubah drastis .
Isolasi dirumah demi keamanan, bekerja dirumah, bisnis yang terganggu dan ancaman Virus Covid-19 yang masih tinggi menyebabkan tingkat stress sebagai orangtua harus dikelola dengan baik agar para orangtua tetap bisa berfungsi sebagai orangtua yang baik.

Orangtua harus menemukan cara-cara kreatif untuk bisa mengelola kesehatan mental dan tingkat stress. Beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk mengelola stress kita yaitu :

1. Alokasi waktu untuk “Me Time”.

“Me Time” adalah hal yang penting bagi semua orang dirumah ,baik untuk orangtua, anak-anak. Alokasikan waktu setiap hari untuk anak-anak untuk dapat melakukan sesuatu sendiri atau bermain dikamar dan diwaktu ini adalah saatnya untuk orangtua mengurus diri sendiri dan melakukan sesuatu yang bisa membuat relaks dan tenang. Hal-hal yang bisa dilakukan misalnya Yoga, atau memakan cemilan favorit Anda tanpa harus berbagi dengan Anak Anda, atau menonton film seri favorit – apa saja yang bisa membuat Anda relaks. Take care of yourself so you can take care you children.

2. Fokuskan diri pada hal-hal yang positif (Beri ruang bagi orangtua dan anak.)

Disaat jadwal dan rutinitas menjadi tidak menentu , semua anggota keluarga terkadang mengalami kegalauan atau kebingungan. Orangtua dan anak mungkin merasa kesal, dan frustrasi, dan mungkin anak-anak menangis lebih sering daripada biasanya. Sebagai orangtua kita harus mengingatkan diri untuk memberi ruang untuk ketidaksempurnaan dalam keadaan seperti sekarang, bahwa setiap hari adalah tantangan yang harus dilalui bagi semua anggota keluarga, karena itu jangan menfokuskan pikiran dan perasaan padahal yang tidak bisa atau belum berhasil dilakukan dengan seharusnya tapi fokuskan hal-hal yang positif yang terjadi dihari itu.

3. Menjaga Rutinitas (sebisa mungkin)

Dengan Anak-anak tidak sekolah, orangtua tidak bekerja atau bekerja dari rumah, rutinitas telah terbentuk berubah atau terkadang tidak menentu. Tetapi salah satu tugas orangtua adalah menjaga agar tetap ada rutinitas secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kegiatan pagi hari, saat waktu makan, dan jam tidur. Kegiatan yang pasti di jam yang pasti setiap harinya akan membuat anakanak merasa adanya konsitensi dalam hari-hari mereka, dan itu akan membantu menurunkan tingkat kerisauan mereka.

HOMECARE SERVICE ADALAH “ME TIME” BAGI ORANGTUA

Starchild Homecare Service hadir untuk memberi ketenangan pada para orangtua saat mereka perlu beraktifitas tanpa anak mereka. Baik itu bekerja dari rumah (Work From Home), bekerja di kantor (Work From Office), atau menghabiskan untuk waktu “Me Time”, semua bisa dilakukan oleh orangtua dengan rasa tenang karena megetahui bawah anak mereka diasuh dengan baik oleh Starchild Caregiver dirumah mereka. Dalam keadaan tidak menentu. orangtua harus memberi ruang untuk ketidaksempurnaan.

Rasa tenang diperlukan oleh para orangtua untuk dapat melakukan aktifitas dengan fokus, karena itu Starchild Homecare service selalu menomorsatukan keselamatan dan kesehatan anak-anak dengan memastikan kesehatan Caregiver melalui rapid test , memastikan Caregiver terlatih dan berpengalaman, menyesuaikan kegiatan dengan keadaan serta minat anak dan yang terpenting semua kegiatan ini dilakukan dirumah, sebuah lingkungan yang selalu membuat anak merasa aman dan nyaman.

Kehadiran Starchild Homecare Service dirumah memungkinkan orangtua untuk :
• Mengalokasikan waktu untuk “Me Time” untuk menghabiskan waktu untuk mengurus diri sendiri dan melakukan sesuatu yang bisa membuat relaks dan tenang.

• Memberi waktu dan ruang sendiri tanpa anak-anak, menenangkan pikiran dan menfokuskan pikiran pada hal-hal yang positif dan bersyukur.

Starchild sudah menyiapkan pedoman bagi Starchild Caregiver dalam melakukan kegiatan dirumah klien, untuk mengasuh, menjaga serta mengajak bermain sambil belajar sesuai dengan minat anak, tanpa bermain gadget. Untuk memastikan hasil yang terbaik, pedoman kegiatan tersebut selalu disesuaikan dengan kondisi rumah dan minat anak.

Susunan kegiatan yang biasa Starchild Homecare Service lakukan adalah :
• Perkenalan dengan anak
• Memandikan anak
• Memeriksa anak apakah sudah sarapan atau belum, sarapan dulu jika belum
• Mengajarkan anak berdoa sebelum makan
• Menemani saat makan dan snack time
• Mendampingi anak bermain sambil belajar sekaligus mengedukasi anak sesuai dengan usianya
• Membantu anak mengerjakan PR sekolah
• Membacakan buku cerita (story telling) sebelum tidur
• Mendampingi anak tidur siang
• Melakukan aktifitas menyenangkan bersama anak sambil mengasah perkembangan anak

Tidak ada yang bisa bisa menggantikan perhatian dan kasih sayang dari orangtua. Namun sesekali, orangtua pun membutuhkan waktu sendiri. Starchild berharap bahwa kehadiran Homecare Service dapat memberikan waktu bagi para orangtua untuk tenang, berpikir jernih, relaks dan melakukan aktifitas dengan focus sehingga bisa kembali mengasuh anakanak dengan energi baru.

~ Starchild Daycare & Learning Center ~